Cara Menampilkan Ukuran di Sketchup Pro - Blogtsantoid.com

Cara Menampilkan Ukuran di Sketchup Pro

Cara Menampilkan Ukuran di Sketchup Pro

cara menampilkan ukuran dimensi di sketchup

Hallo semua, dalam postingan ini saya akan membahas cara menampilkan ukuran di Sketchup. Ukuran disini maksudnya bukan ukuran file ya, tapi ukuran dimensi dari suatu objek atau komponen.


Ukuran dimensi itu terdiri dari panjang, lebar dan tinggi. Dibuat dari tool yang bernama Dimension dan digunakan untuk mengecek ukuran model sebelum di ekspor ke layout Sketchup.


Menampilkan ukuran sangat penting, terutama saat digunakan sebagai bahan persentasi karena gambar akan lebih mudah dibaca dan dipahami. Jika kamu ingin mencoba, berikut tutorial cara menampilkan ukuran di Sketchup.


Cara Menampilkan Ukuran di Sketchup Pro

  • Langkah pertama buka gambar model kamu, kemudian klik Dimension tool setelah itu klik sudut objek dan arahkan ke sudut objek lainnya, lalu geser maka otomatis ukuran akan muncul. Contohnya seperti ini.
  • cara menampilkan ukuran di sketchup pro

  • Gambar diatas menunjukan model kotak ini memiliki ukuran tinggi 47,06 cm. Untuk mengetahui ukuran lebarnya silakan ulangi langkah diatas.

Penutup

Begitulah cara menampilkan ukuran dimensi di Sketchup, gimana mudah kan?. Sayangnya tool ini hanya dapat digunakan pada permukaan yang lurus, jika melengkung gimana? solusinya menggunakan plugin.


Demikian tutorial cara menampilkan ukuran di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis