Cara Hide Unhide di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Hide Unhide di Sketchup

Cara Hide Unhide di Sketchup

Cara Unhide di Sketchup

Unhide ialah fitur yang digunakan untuk mengembalikan komponen yang hilang karena di hidden atau disembunyikan. Fitur ini akan menampilkan seluruh objek dan geometri yang di hidden oleh Sketchup.


Seperti yang kita tahu, objek atau geometri yang tersembunyi dapat menimbulkan berbagai masalah seperti object di zoom pecah, program menjadi lemot dan error bugsplat. Kondisi ini sering kali kita temui pada komponen yang kita download dari internet.


Menyembunyikan objek memang mempermudah kita dalam proses menggambar, khususnya pada area yang sempit dan tertutup. Namun perlu diperhatikan kalau menyembunyikan objek juga bisa menyebabkan masalah lain.


Jika kamu menemukan file dengan objek yang di hidden, lakukan cara ini untuk meng-unhide objek tersebut.


Cara Hide Unhide di Sketchup

  • Caranya sebagai berikut, pertama buka program Sketchup dilaptop atau komputer kamu, selanjutnya klik View lalu ceklis 2 menu ini yaitu Hidden Geometry dan Hidden Objects.
  • Cara Unhide di Sketchup

  • Setelah itu klik kanan lalu klik Unhide. Contohnya seperti ini.
  • Cara Unhide di Sketchup

  • Maka otomatis objek akan menjadi solid. Contohnya seperti ini
  • Cara Unhide di Sketchup

  • Jika kamu ingin meng-hidden kembali, caranya klik kanan lalu klik Hide, setelah itu klik View, kemudian unchek Hidden Objects
  • Cara Unhide di Sketchup

Penutup


Sebelum hidde, silakan buat group terlebih dahulu, hal ini agar saat di unhidde objek lebih mudah digeser dan tidak menempel pada objek lain. Tutorial group ungroup objek bisa kamu lihat pada postingan saya sebelumnya.

Demikian tutorial cara hide unhide di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis