Cara Setting Autosave di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting Autosave di Sketchup

Cara Setting Autosave di Sketchup

Autosave adalah pengaturan yang digunakan Sketchup untuk menyimpan file secara otomatis. Fitur ini digunakan program untuk mencegah kemungkinan file tidak tersimpan saat terjadi masalah seperti listrik mati, program crash atau error.


Jika diaktifkan, fitur ini akan menyimpan dan membuat file backup yang otomatis tersimpan pada folder yang sama. File ini akan menyimpan dengan format Autosave_file.skp.


Sebelum mengaktifkan Auotsave, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti, program sering ngefrezz (not responding) saat autosave disetting dengan interval waktu yang singkat.


Berikut adalah tutorial cara setting autosave di Sketchup. Settingan ini bisa kamu gunakan untuk mengaktfikan dan mematikan autosave di Sketchup


Cara Setting Autosave di Sketchup

  • Untuk mengaktifkan autosave Sketchup caranya sebagai berikut pertama buka aplikasi Sketchup, kemudian klik Window lalu pilih Preferences
  • Cara Setting Autosave di Sketchup

  • Setelah itu klik General, lalu ceklis menu Auto-Save dan Create Backup. Kemudian setting waktunya menjadi 5 menit. Create backup adalah perintah yang digunakan untuk membuat file cadangan, file ini memiliki format .skb
  • Cara Setting Autosave di Sketchup

  • Terakhir klik Ok maka fitur autosave kamu akan aktif. Lalu bagaimana cara mematikannya?. Untuk mematikan autosave tinggal unchek semua menu diatas.

Penutup

Secara default file Autosave akan tersimpan difolder C:\Users\namakomputer\Documents (Windows) dan ~/Library/Application Support/SketchUp 2015/SketchUp/Autosave ( Mac OS ) . Untuk mengganti lokasinya dengan cara klik Preferences -> File, lalu pada menu Model klik Change File Location Preferences.


Demikian tutorial cara setting autosave di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis