Cara Mengetahui Luas Area di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Mengetahui Luas Area di Sketchup

Cara Mengetahui Luas Area di Sketchup


Tahukah kamu kalau Sketchup memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui luas area atau volume dari sebuah bidang objek. Dengan fitur ini, kita bisa mengetahui luas area dan mengestimasi perencanaan biaya (RAB) dengan lebih mudah dan cepat.


Fitur ini disebut Entity Info. Fitur ini dapat memberikan perhitungan volume dari keseluruhan objek yang dibangun. Kemampuan Sketchup inilah yang memang dibutuhkan untuk menghitung panjang, area dan volume.


Nah berikut ini adalah tutorial cara mengetahui luas area dan volume di Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup 2022.


Cara Mengetahui Luas Area dan Volume di Sketchup

  • Mengetahui luas Area: Langkah pertama select salah satu permukaan objek yang ingin kamu lihat luas area-nya. Contohnya seperti ini.
  • cara mengetahui luas area volume di sketchup

  • Setelah itu klik kanan diatas objek tersebut lalu pilih Entity Info. Contohnya seperti ini.
  • cara mengetahui luas area volume di sketchup

  • Maka secara otomatis nilai area akan muncul pada menu default tray.
  • cara mengetahui luas area volume di sketchup

  • Mengetahui Volume: Langkah pertama seleksi seluruh bagian objek, lalu jadikan group. Setelah itu klik kanan lalu pilih Entity Info maka nilai volume akan muncul.
  • cara mengetahui luas area volume di sketchup

Selain menggunakan cara diatas, mengetahui luas area dan volume juga bisa kita lakukan dengan menggunakan Text tool. Caranya mudah yaitu pertama klik Text tool lalu arahkan ke permukaan objek. Contohnya seperti ini.

cara mengetahui luas area volume di sketchup

Penutup


Demikian tutorial cara mengetahui luas area volume di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis