Cara Ungroup di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Ungroup di Sketchup

Cara Ungroup di Sketchup

Cara Ungroup di Sketchup

Jika menggabungkan objek disebut Group, maka Ungroup adalah sebaliknya. Sesuai namanya, Ungroup Sketchup ialah memisahkan objek menjadi bagian tersendiri dalam desain.


Pada awalnya group dilakukan untuk mempermudah proses penataan. Saat objek di group, objek lebih mudah digunakan. Hal ini karena dalam mode group, objek tidak akan menempel satu sama lain.


Group juga memudahkan kita mengatur besar kecilnya objek, sehingga dimensi objek dapat disesuaikan dengan model yang sudah ada.


Namun terkadang kita perlu melakukan Ungroup, yaitu ketika kita import model atau komponen. Secara default komponen Sketchup yang kita import akan otomatis berbentuk Group, sehingga agar bisa digunakan kita harus memisahkannya terlebih dahulu.


Bagaimana caranya?


Berikut tutorial cara ungroup di Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup 2022, silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.


Cara Ungroup di Sketchup

  • Langkah pertama import komponen Sketchup yang ingin anda gunakan. Contohnya seperti ini, saya menggunakan komponen Sketchup 2021.
  • Cara Ungroup di Sketchup

  • Selanjutnya klik kanan pada komponen, lalu klik Explode.
  • Cara Ungroup di Sketchup

  • Jika sudah seperti ini maka komponen sudah terpisah dan dapat lebih mudah kita gunakan.

Penutup

Perlu diperhatikan agar jangan lakukan ungroup dipermukaan objek yang tidak di group, karena hal ini akan membuat permukaan objek saling menempel satu sama lain. Selain itu tindakan ini juga akan membuat objek sulit di group kembali.


Demikian tutorial cara ungroup di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis