Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup

Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup


Jika Emissive mampu merubah material menjadi cahaya, maka Mesh light dapat membuat cahaya dari objek atau geometri. Ya, beginilah cara mesh light digunakan.

Mesh light dapat mengkoversi objek menjadi lampu yang dapat menerangi gambar desain, fitur ini memungkinkan kita membuat lampu dari bentuk objek apapun, termasuk dari objek yang tidak beraturan.


Karena fungsi inilah Mesh light sering digunakan untuk membuat lampu yang dipasang pada area yang sulit misalnya lampu backlight cermin bulat kamar mandi.


Agar lampu menyala, objek harus di group dahulu, group bisa dilakukan secara keseluruhan atau pada permukaannya saja. Berikut tutorial cara setting mesh light di Vray Sketchup.


Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 5. Silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.


Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup

  • Pertama jalankan Vray Sketchup dilaptop atau komputer kamu, setelah itu tentukan objek yang nantinya akan kamu gunakan sebagai media lampu. Contohnya seperti ini.
  • Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup

  • Kemudian group objek tersebut, group pada bagian lampunya saja, lalu klik Convert to Mesh Light sehingga muncul tanda seperti ini.
  • Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup

  • Langkah selanjutnya setting Mesh Light dengan cara klik Vray Asset Editor -> Lights, setelah itu klik menu Mesh Light lalu naikan intesitasnya.
  • Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup

  • Terakhir render dan hasilnya seperti ini.
  • Cara Setting Mesh Light Vray 5 Sketchup

Penutup

Vray mesh light not working atau Mesh light tidak menyala, masalah ini biasanya terjadi saat kita tidak melakukan group tidak benar, atau ada bagian lampu yang tertutup objek lain. Jika seperti ini, maka hapus mesh light lalu periksa setiap bagian objek setelah itu lakukan group kembali.


Demikian tutorial cara setting mesh light Vray 5 Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis