Cara Melubangi Objek Dinding di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Melubangi Objek Dinding di Sketchup

Cara Melubangi Objek Dinding di Sketchup

cara melubangi objek sketchup

Saat ingin membuat jendela atau pintu, kita pasti akan melubangi permukaan dinding atau tembok.


Bagi pemula, membuat lubang pada objek bisa menjadi pekerjaan yang sulit, hal ini karena program Sketchup belum memiliki tool yang secara spesifik digunakan untuk fungsi tersebut.


Melubangi objek yang solid tidak bisa dilakukan dengan menghapus area yang ingin dilubangi, tindakan ini akan membuat permukaan objek menjadi pecah dan rusak.


Lalu bagaimana cara melubangi objek di Sketchup?


Nah dalam postingan ini saya ingin berbagi tips cara mudah melubangi objek di Sketchup. Dalam tutorial ini kita tidak menggunakan plugin, kita hanya menggunakan tool internal yang bernama PushPull.


Cara Melubangi Objek Dinding di Sketchup

  • Pertama, silakan jalankan program Sketchup dilaptop atau komputer kamu, setelah itu tentukan objek mana yang ingin kamu lubangi. Misalnya seperti ini.
  • cara melubangi objek sketchup

  • Selanjutnya klik tool PushPull lalu arahkan ke permukaan objek setelah itu tarik kedalam terakhir lepaskan. Maka secara otomatis lubang dinding akan terbentuk. Contohnya seperti ini.
  • cara melubangi objek sketchup

  • Apabila hasilnya pecah atau rusak seperti gambar dibawah ini, maka solusinya sebelum ditarik kebelakang tipiskan terlebih dahulu permukaan dindingnya.
  • cara melubangi objek sketchup

Penutup

Kendala menggunakan trik adalah terkadang objek tidak berlubang dan malah membentuk model kedalam, jadi solusinya kita harus sabar dan terus ulangi apabila lubang pada dinding belum terbentuk.


Demikian tutorial cara melubangi objek dinding di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis