Cara Menambahkan Material Library Vray Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Menambahkan Material Library Vray Sketchup

Cara Menambahkan Material Library Vray Sketchup

cara menambahkan material library vray sketchup

Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin membahas bagaimana cara menambahkan material kedalam Vray 5 Sketchup. Seperti yang kita tahu, selama ini Vray memiliki material library yang dapat langsung digunakan setelah program di install.


Fitur ini memudahkan kita mendapatkan settingan material yang realistis dengan lebih mudah dan cepat.



Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia pada Vray 4 kebawah. Untuk versi yang lebih baru (Vray 5 dan 6), Vray menggantinya dengan Vray Cosmos, yaitu sebuah browser yang terhubung ke server yang hanya dapat diakses oleh pengguna terdaftar.


Lalu apakah kita masih bisa menggunakan Vray material library?


Secara teknis selama kita tidak terdaftar, kita tidak bisa mengakses material library melalui Vray Cosmos, akan tetapi kita masih bisa memanfaatkan fitur yang digunakan untuk menambakan material library. Untuk materialnya sendiri kita bisa menggunakan material library versi lama yang ada pada Vray 4 atau 3. Begini caranya.


Cara Menambahkan Material Library Vray Sketchup

  • Pertama download atau simpan material Vray yang sudah kamu buat sebelumnya. Material Vray yang disimpan memiliki ekstensi .Vrmat
  • Selanjutnya buka Vray Asset Editor, setelah itu klik tanda panah kekiri untuk menampilkan pengaturan material library.
  • cara menambahkan material library vray sketchup

  • Kemudian klik Adds a new file system location lalu pilih folder material vray yang kamu siapkan setelah itu klik Select Folder.
  • cara menambahkan material library vray sketchup

  • Jika sudah maka secara otomatis folder material Vray akan muncul didalam material library. Contohnya seperti gambar diatas.

Penutup

Saat ini ada banyak website yang menyediakan material Vray, salah satunya texturefun.com. Web ini gratis, namun untuk mendownload kita perlu registrasi terlebih dahulu.


Demikian tutorial cara menambahkan material library Vray Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis