Cara Membuat Lampu Plafon di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Membuat Lampu Plafon di Sketchup

Cara Membuat Lampu Plafon di Sketchup

Cara Membuat Lampu Plafon di Sketchup

Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin membahas cara membuat lampu plafon menyala di Sketchup. Seperti yang kita tahu, bahwa lampu plafon memiliki banyak model contohnya lampu model kotak, gantung dan led downlight bulat .


Model yang akan kita buat kali ini adalah lampu plafon panjang atau lampu strip. Lampu ini dipasang dengan merekatkannya kedalam sisi plafon. Saat dihidupkan, lampu ini menghasilkan cahaya yang indah dan estetik.


Untuk membuat lampu plafon menyala di Sketchup caranya mudah sekali, pertama kita buat model plafonnya terlebih dahulu. Agar lebih cepat kita bisa mendownloadnya melalui 3dwarehouse, setelah itu kita setting menggunakan Vray atau Enscape.


Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 5 Sketchup 2022. Silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.


Cara Membuat Lampu Plafon Menyala di Sketchup

  • Langkah pertama buka Sketchup lalu masukan model plafon yang sudah kita buat. Contohnya seperti ini.
  • cara membuat lampu plafon di sketchup

  • Setelah itu klik Rectangle light, lalu letakan didalam rongga plafon. Agar lebih mudah mengatur arahnya, gunakan fitur mirror Sketchup.
  • cara membuat lampu plafon di sketchup

  • Selanjutnya kita setting lampu plafon tersebut dengan cara klik Vray Asset Editor, lalu klik menu Lights. Untuk tutorial setting rectangle light bisa kamu lihat pada postingan saya sebelumnya.
  • cara membuat lampu plafon di sketchup

  • Terakhir tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya merubah warna lampu setelah itu render.

Penutup

Selain menggunakan Rectangle light, membuat lampu plafon menyala bisa dilakukan dengan emissive, namun hasilnya kurang memuaskan karena cahaya tidak menyebar secara merata.


Demikian panduan Cara Membuat Lampu Plafon Menyala di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis