Cara Setting Rectangle Light Vray 5 Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting Rectangle Light Vray 5 Sketchup

Cara Setting Rectangle Light Vray 5 Sketchup

Cara Setting Rectangle Light Vray 5 Sketchup
Vray memiliki banyak alat pencahayaan (lighting tool) yang dapat kita gunakan untuk membuat lampu pada gambar Sketchup. Totalnya ada 7 dan salah satunya adalah Rectangle Light. Dengan alat ini, kita dapat membuat lampu ruangan dengan kecerahan yang natural.

Rectangle light biasanya digunakan untuk interior, umumnya diletakan pada belakang kamera dan difungsikan sebagai penerangan utama dalam teknik rendering. Lampu ini juga fleksibel yang artinya kita bisa meletakan dimana saja kita suka.

Namun lampu ini juga memiliki kekurangan yaitu terkadang membuat proses render menjadi  lebih lama, hal ini karena rectangle membutuhkan sumber daya yang besar untuk menghasilkan cahaya dalam rendering.

Nah dalam postingan ini kita akan belajar cara mensetting atau menggunakan Rectangle light Vray Sketchup. Kali ini saya juga menggunakan Vray 5, silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Setting Rectangle Light Vray 5 Sketchup

  • Langkah pertama jalankan programnya terlebih dahulu, setelah itu klik Rectangle light lalu letakan dimana saja kamu suka. Contohnya seperti ini.
  • cara setting rectangle light vray 5

  • Selanjutnya klik Vray Asset Editor -> Lights, kemudian setting beberapa parameter berikut antara lain Intensity, Directionality, dan Options.
  • cara setting rectangle light vray 5

  • Directionality digunakan untuk mengatur jarak jangkauan cahaya dari lampu utama ke objek, nilai directionality dimulai dari 0.1 dan maksimal 1. Contohnya seperti ini.
  • cara setting rectangle light vray 5

  • Options adalah paramaeter yang mengatur tampilan lampu pada objek sekitar, didalam paramaeter ini terdapat beberapa menu utama seperti Invisible, Affect Specular, Affect Reflections dan Shadow. Jika keempat menu tersebut kamu gunakan, maka hasilnya seperti ini.
    Option: Uncheck maksudnya kita mematikan keempat menu utama (kecuali Invisible) dalam menu Option, pada gambar ini Invisble saya ceklis sehingga lampu tidak terlihat saat gambar dirender.
  • cara setting rectangle light vray 5 sketchup

Penutup

Settingan diatas mungkin terlihat ribet karena banyaknya parameter yang perlu disetting, namun dalam keadaan tertentu settingan ini dapat kita gunakan misalnya untuk menyembunyikan lampu saat render didepan cermin.


Demikian tutorial cara mensetting rectangle light di Vray 5 Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan kritik maupun saran, silakan tulis pada kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis