Cara Setting IES Light Vray 5 Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting IES Light Vray 5 Sketchup

Cara Setting IES Light Vray 5 Sketchup

cara setting ies light vay 5 sketchup
IES Light adalah alat Vray yang dapat menghasilkan pencahayaan yang unik dan menarik. Untuk menampilkan cahaya, lampu ini menggunakan file yang disebut IES. File ini berisi profil distribusi cahaya yang dibuat berdasarkan bentuk lampu aslinya.

Dalam rendering, IES digunakan untuk membuat lampu sorot yang dapat difungsikan sebagai lampu hias pada dinding atau plafon. Bentuk ies yang unik dapat membantu kita dalam menonjolkan bagian bagian tertentu pada desain.

Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara setting ies light Vray Sketchup. Sebelum menggunakan tool ini, silakan download file ies terlebih dahulu. File ini gratis dan dapat kita download di ieslibrary.com. Situs ini memiliki ratusan file ies yang bisa kita gunakan pada Vray, Enscape, Lumion dan program render yang support IES.

Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 5. Silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Setting IES Light Vray 5 Sketchup

  • Untuk menggunakan ies light Vray caranya sebagai berikut, pertama klik IES Light tool, lalu masukan file ies yang kamu download, setelah itu letakan dimana saja kamu suka. Contohnya seperti ini.
  • cara setting ies vray sketchup

  • Langkah selanjutnya buka Vray Asset Editor -> Lights, lalu setting beberapa parameter berikut seperti Intensity, Shape, dan Options. Contohnya seperti ini. Setting intesitas IES minimal diatas 100,000.
  • cara setting ies light vay 5 sketchup

  • Klik IES Light File untuk menggunakan file ies yang lain dan uncheck menu Affect Specular untuk menghilangkan pantulan lampu pada permukaan yang mengkilap.
  • cara setting ies light vay 5 sketchup

  • Langkah terakhir render.

Penutup

IES Light tidak menyala, masalah ini terjadi kemungkinan disebabkan beberapa hal seperti intesitas yang terlalu rendah, file ies yang tidak kompatibel dan penempatan ies yang terlalu menempel pada objek.


Dengan IES Light, kita dapat membuat pencahayaan yang lebih realistis, meningkatkan efisiensi rendering, dan membantu klien memahami desain dengan lebih baik.

Demikian tutorial cara mensetting IES light Vray 5 Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis