Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

Sesuai namanya, Vray Spotlight merupakan alat yang dapat menghasilkan pencahayaan yang terfokus pada bagian-bagian terpenting dari sebuah desain. Dengan Spotlight, kita dapat memberikan efek lampu yang akurat sesuai kondisi waktu dan lingkungan.


Didalam Spotlight terdapat parameter yang disebut Cone Angle dan Penumbra Angle. Singkatnya kedua parameter ini digunakan untuk memperkuat efek dan membuat cahaya lebih halus.


Sekilas lampu ini mirip IES, namun yang berbeda adalah Spotlight tidak membutuhkan file ekstensi, sehingga tool ini hanya menghasilkan sorot lampu yang biasa. Namun dengan settingan yang tepat, Spotlight dapat menghasilkan pencahayaan yang bagus dan realistis.


Berikut adalah tutorial cara mensetting Spotlight Vray Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 5, silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.


Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

  • Untuk mensetting Vray Spotlight caranya sebagai berikut, pertama klik Spotlight tool lalu letakan dimana saja kamu suka, misalnya didalam kap lampu utama. Contohnya seperti ini.
  • Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

  • Selanjutnya klik Vray Asset Editor -> Lights -> Spotlight, lalu setting Spotlight seperti biasa. Ini adalah contoh settingan Spotlight yang saya gunakan.
  • Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

    Keterangan: Intesitas: 200000, Units: Default, Cone Angle: 24.49, Penumbra Angle: 11.96, Penumbra Falloff: Smooth Cubic dan pada menu Options saya biarkan default.


  • Jika semua parameter sudah kamu setting, maka langkah terakhir render. Ini adalah hasilnya.
  • Cara Setting Spotlight Vray 5 Sketchup

Penutup

Vray spotlight not working atau Spotlight tidak menyala, ini merupakan salah satu masalah yang terkadang terjadi pada Spotlight. Masalah ini bisa disebabkan karena spoltight diletakan tumpang tindih dengan lampu lain, Spoltight masuk kedalam objek dan intesitas spotlight yang kurang.


Tipe ini adalah yang paling sering digunakan dalam rendering, karena bisa dikontrol dan diatur dengan maksimal. Kita dapat mengatur arah dan tingkat kehalusan cahayanya


Demikian tutorial cara setting spotlight Vray 5 Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis