Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup

Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup

Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup
Pernah melihat lampu bulat pada taman atau interior rumah? Ya, Dalam Vray rendering, lampu ini dibuat menggunakan Sphere light tool. Jenis lampu ini memang cocok dipakai untuk menghasilkan pencahayaan yang akurat secara fisik.

Berbeda dari IES Light, lampu Sphere tidak membutuhkan file khusus, oleh karena itu cahaya yang dihasilkan tidak memiliki gaya sorot. Agar lampu menyala kita tinggal mengatur intensitasnya saja.

Pada postingan kali ini, kita akan belajar mensetting Sphere Light di Vray Sketchup. Cara mensetting lampu di Vray sebenarnya sama saja, yang perlu kita tahu adalah bagaimana cara memanfaatkan lampu tersebut dengan baik dan benar.

Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup

  • Langkah pertama klik Sphere Light tool, lalu letakan dimana saja kamu suka. Contoh disini saya menggunakannya untuk lampu belajar.
  • Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup

  • Setelah itu klik Vray Asset Editor -> Lights -> Sphere Light, kemudian naikan intensitasnya, lalu pada menu Units gunakan default saja.
  • Cara Setting Sphere Light Vray 5 Sketchup

  • Kali ini pada menu Options biarkan default, namun dalam keadaan tertentu kita bisa menggunakan menu ini misalnya untuk menyembunyikan lampu saat gambar dirender.

Penutup

Dengan sphere light, kita dapat membuat efek pencahayaan yang lebih realistis dan akurat sesuai dengan kondisi lingkungan dan waktu tertentu.


Demikian tutorial cara setting sphere light Vray 5 Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis