Cara Rotate Material di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Rotate Material di Sketchup

Cara Rotate Material di Sketchup

cara rotasi texture di sketchup

Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin membahas bagaimana cara merotate material di Sketchup. Seperti yang kita tahu, material texture yang digunakan pada objek, biasanya akan menampilkan sambungan yang terlihat cukup jelas. Sambungan yang muncul akan membuat model terlihat kurang rapi saat dirender maupun di export kedalam format gambar.


Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan pengaturan rotasi pada material atau material position. Dengan melakukan material position kita bisa mensetting material texture dengan lebih mudah dan cepat. Fitur ini memungkinkan kita untuk menggeser, merotasi dan mengatur ukuran material.


Lalu bagaimana caranya?. Nah untuk lebih jelasnya silakan ikuti tutorialnya dibawah ini. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup 2022, silakan sesuaikan saja jika kamu masih menggunakan versi program yang berbeda.


Cara Rotate Material Texture di Sketchup

  • Langkah pertama jalankan program Sketchup dilaptop atau komputer kamu, setelah itu tentukan material mana yang ingin kamu rotasi. Contohnya seperti ini.
  • cara merotate materal di sketchup

  • Langkah selanjutnya Klik kanan pilih Texture lalu klik Position.
  • cara rotate material texture sketchup

  • Setelah itu klik lalu geser sumbu hijau untuk mengatur ukuran material ke arah kanan atau kiri, lalu sumbu ungu untuk mengatur panjang pendek material ke arah atas atau bawah.
  • cara rotate material texture sketchup

  • Terakhir sesuaikan dengan menggeser material sampai sambungan tidak terlihat, dan setelah disetting maka hasilnya seperti ini.
  • cara rotate material texture sketchup

Penutup

Setelah disetting maka material terlihat lebih rapi dan tidak terlihat sambungannya. Fitur ini hanya dapat digunakan pada permukaan yang rata. Nah demikian tutorial cara rotate material texture di Sketchup.


Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis