Cara Mengurangi Noise di Vray 5 Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Mengurangi Noise di Vray 5 Sketchup

Cara Mengurangi Noise di Vray 5 Sketchup

Cara Mengurangi Noise di Vray Sketchup

Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin berbagi tips cara mengurangi noise pada Vray Sketchup. Noise sendiri merupakan bintik atau bercak yang menyebabkan gambar render Vray terlihat pecah atau rusak.


Munculnya noise bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah pengaturan nilai Subdivs yang rendah. Parameter ini mempengaruhi kualitas khususnya pada bagian material dan pencahayaan.


Cara Mengurangi Noise di Vray 5 Sketchup

Namun pengaturan ini juga memiliki kelemahan, yaitu semakin tinggi nilai Subdivs maka proses render semakin lama. Oleh karena itu parameter ini kurang cocok digunakan pada spek komputer yang minim.


Lalu adakah cara lain mengurangi noise di Vray Sketchup?


Selain Subdivs, Vray memiliki fitur yang disebut Denoiser. Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk mengurangi noise pada gambar render secara otomatis. Fitur ini memiliki 4 opsi pengaturan yaitu Mild, Default, Strong dan Custome.


Vray Denoiser juga telah disupport dengan 3 pilihan mesin utama penghilang noise antara lain V-Ray Denoiser, NVIDIA AI Denoiser (jika laptop/komputer memakai GPU) dan Intel Open Image Denoiser.


Cara Mengurangi Noise di Vray 5 Sketchup

Kombinasi antara pengaturan subdivs, resolusi dan pengaturan Denoiser yang tinggi akan menghasilkan gambar render yang tajam, bening dan realistis. Hal ini bisa kita dapatkan jika kita menggunakan perangkat tingkat atas sesuai persyaratan sistem yang ditulis oleh Vray dan Sketchup.


Namun pengaturan noise yang terbaik adalah pengaturan yang menyesuaikan spek perangkat yang kita gunakan. Dengan kata lain, kita bisa mencari pengaturan terbaik yang sesuai dengan kemampuan alat kita sehingga tidak terlalu berlebihan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis