Aplikasi AI Render Sketchup Gratis - Blogtsantoid.com

Aplikasi AI Render Sketchup Gratis

Aplikasi AI Render Sketchup Gratis

aplikasi ai render sketchup

Rendering merupakan proses menghasilkan gambar Sketchup menjadi lebih realistis. Proses ini membutuhkan aplikasi render yang diinstall kedalam program, contohnya seperti Vray, Enscape, Lumion dan lain sebagainya.


Untuk menghasilkan gambar render yang bagus, pengguna perlu memahami cara kerja aplikasi tersebut. Misalnya dalam mensetting material maupun pencahayaan .


Seiring perkembangan teknologi, proses render Sketchup bisa dilakukan menggunakan AI atau Artificial Intelligence. Teknologi ini sudah digunakan secara luas dalam berbagai bidang termasuk pada interior rendering.


Dengan menggunakan AI, proses render menjadi lebih cepat karena kita hanya perlu mengetikan perintah yang selanjutnya akan di generate menjadi visual gambar yang realistis.


Dalam postingan ini, saya ingin mengenalkan beberapa plugin atau aplikasi AI render yang bisa digunakan untuk Sketchup. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


Aplikasi/Plugin AI Render Sketchup Online Gratis


Arko AI Render

Yang pertama adalah Arko AI. Plugin render ini dapat menghasilkan gambar render dari model Sketchup secara gratis. Kita cukup membuat model sederhana kemudian ketikan perintah yang kita inginkan, maka secara otomatis aplikasi akan men-generate gambar sesuai perintah kita.


Kita juga dapat menyesuaikan kamera, pencahayaan, material, dan lingkungan menggunakan antarmuka yang sederhana. Plugin ini berbasis cloud, artinya plugin ini membutuhkan akses internet (online) agar bisa digunakan.


Arko AI adalah plugin yang bagus untuk membuat model 3D interaktif yang dapat kita lihat dan edit di perangkat apa pun. Kita dapat menggunakannya untuk tujuan kolaborasi, umpan balik, atau pemasaran. Kita juga dapat menyesuaikan render kita dengan opsi dan fitur yang berbeda untuk membuatnya lebih realistis dan menarik.


Untuk menggunakan Arko AI, download pluginnya terlebih dahulu setelah itu install lalu daftar menggunakan Gmail atau Facebook. Untuk versi gratisnya kita bisa merender maksimal sebanyak 30 kali dengan ukuran standar. Saat ini Arko AI hanya dapat gunakan pada Sketchup 2020, 2021, 2022 dan 2023.


Veras AI Render

veras ai render sketchup

Yang kedua adalah Veras AI. Ini adalah plugin AI render ringan yang memiliki banyak fitur. Veras AI memungkinkan kita menentukan pengaturan render dari sebuah objek dengan lebih mudah dan cepat.


Plugin ini menggunakan cloud, yang artinya untuk menggunakan Veras AI kita membutuhkan akses internet yang stabil. Seperti pada program AI lainya, kita cukup mengetikan perintah lalu klik render maka otomatis program akan menghasilkan gambar sesuai perintah kita.


Untuk mencoba plugin ini, silakan download terlebih dahulu setelah itu daftar menggunakan email aktif. Saat ini Veras AI hanya dapat diinstall untuk Sketchup 2021 keatas, Revit dan Rhinoceros.


Untuk versi gratisnya kita hanya dapat merender gambar maksimal 30 kali dan kita tidak bisa mengatur resolusi atau ukuran gambar.


Demikian ulasan singkat plugin/aplikasi AI render Sketchup gratis. Semoga ulasan ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis