Cara Membuat Bump Map di Photoshop - Blogtsantoid.com

Cara Membuat Bump Map di Photoshop

Cara Membuat Bump Map di Photoshop

Cara Membuat Bump Map di Photoshop

Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin berbagi tutorial cara membuat bump map Sketchup di Photoshop. Bump map sendiri merupakan material yang apabila digunakan akan menghasilkan efek timbul pada permukaan objek.


Material ini memiliki ciri warna yang gelap yang dibuat menggunakan material utama. Dalam teknik rendering material bump map digunakan untuk menghasilkan visual render yang lebih detail dan sempurna.



Untuk menggunakan bump map, pastikan aplikasi render yang kamu install memiliki fitur Bump. Pada Vray Sketchup, fitur ini sudah menjadi parameter default yang bisa digunakan pada setiap material.


Selain bump, Vray juga memiliki parameter serupa seperti Normal Map, Displacement dan PBR. Ketiga parameter ini akan saya bahas pada postingan selanjutnya.


Jika kamu ingin membuat Bump map untuk Sketchup, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini. Dalam tutorial ini saya menggunakan Photoshop CC 2017. Silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.


Tutorial Cara Membuat Bump Map di Photoshop

  • Langkah pertama silakan masukan gambar texture kamu ke Photoshop.
  • Setelah itu klik Images → Adjustments → Hue/Saturation atau tekan Ctrl + U pada keyboard.
  • Cara Membuat Bump Map di Photoshop

  • Setelah terbuka kemudian geser panel Saturation ke kiri hingga menyentuh angka -100 dan jangan lupa atur juga nilai Lightness -20. lihat pada gambar dibawah ini
  • Cara Membuat Bump Map di Photoshop

  • Selanjutnya klik Images → Adjustments → Levels atau tekan Ctrl + L. Setelah itu setting seperti gambar dibawah ini.
  • Cara Membuat Bump Map di Photoshop

  • Terakhir klik Save As dengan ekstensi JPEG dan tambahkan kata bump pada akhir nama material. Contohnya keramik_bump.JPEG, Karpet_bump.JPEG, Marmer_bump.JPG

Penutup

Setelah berhasil membuat file bump, maka langkah selanjutnya kita dapat menggunakan file tersebut. Namun value bump jangan terlalu tinggi karena akan hal ini membuat proses render menjadi lebih lama. Selain itu permukaan texture juga akan menjadi pecah dan kasar.


Demikian tutorial cara membuat bump map di Photoshop. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis