Cara Memutar Objek di Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Memutar Objek di Sketchup

Cara Memutar Objek di Sketchup

cara memutar objek di sketchup

Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin berbagi tutorial cara memutar objek di Sketchup, postingan ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya mengenai cara merotasi material Sketchup.


Memutar objek tentu berbeda dengan memutar material. Terdapat beberapa langkah yang harus kita lakukan sebelum memutar objek salah satunya yaitu membuat objek menjadi group.


Mengapa demikian?


Hal ini dilakukan agar objek yang ingin di rotasi tidak menempel satu sama lain, sehingga objek dapat berputar dengan mudah dan cepat.


Selain membuatnya menjadi Group, merotasi objek juga harus dilakukan diluar face atau area model, hal ini agar arah perputaran objek tidak miring dan sempurna.


Nah berikut adalah tutorial cara memutar objek di Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup 2022.


Cara Memutar (Rotate) Objek di Sketchup

  • Pertama silakan jalankan program Sketchup dilaptop atau komputer kamu, setelah itu tentukan objek mana yang ingin kamu rotasi. Contohnya seperti ini.
  • Cara Memutar Objek di Sketchup

  • Langkah selanjutnya jadikan Group dengan cara seleksi semua bagian objek kemudian Klik kanan lalu pilih Make Group.
  • Cara Memutar Objek di Sketchup

  • Jika sudah menjadi group maka kita bisa memutar objeknya dengan cara tekan Q pada keyboard lalu putar sesuai keinginan.
  • Cara Memutar Objek di Sketchup

Penutup

Silakan ikuti tutorial diatas untuk memutar objek dengan benar. Selain cara diatas, kita bisa menggunakan fitur Mirror atau Flip Along namun fitur ini hanya bisa dilakukan jika objek diputar ke arah yang terbalik.


Demikian tutorial cara memutar objek di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis