Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup - Blogtsantoid.com

Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup

Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup


Hallo semua, dalam postingan ini saya ingin membahas cara mensetting rumput realistic di Vray Sketchup. Seperti yang kita lihat, rumput memiliki bentuk struktur yang rumit, hal ini yang menyulitkan kita untuk membuatnya didalam aplikasi.


Saat ini Sketchup juga belum memiliki fitur rumput, meski begitu ada beberapa plugin yang bisa kita gunakan untuk membuat efek ini, salah satunya adalah Skatter.


Selain Skatter, kita bisa menggunakan Vray. Didalam Vray terdapat Vray Fur yaitu fitur yang memungkinkan kita membuat efek rumput dan karpet dengan mudah dan cepat. Namun fitur ini hanya tersedia pada Vray 3 keatas.


Nah berikut tutorial cara membuat dan mensetting rumput realistis di Vray Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 5.2, silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.


Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup

  • Langkah pertama, jalankan Sketchup Vray dilaptop atau komputer kamu, setelah itu buat objek yang nantinya bakal kamu gunakan sebagai media rumput, lalu di group. Contohnya seperti ini.

  • Langkah selanjutnya select objek rumput tadi, lalu klik Add Fur to Selection sehingga menjadi seperti ini.
  • Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup

  • Kemudian klik Vray Asset Editor, setelah itu klik tab Geometry lalu klik menu FUR. Selanjutnya setting seperti ini.
  • Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup

  • Terakhir render dan hasilnya seperti ini.
  • Cara Setting Rumput Realistic di Vray Sketchup

Penutup

Terkadang hasil render akan berbeda dari setiap texture yang digunakan, tidak ada nilai pasti yang menjamin hasil render rumput akan sempurna. Oleh karena itu kita perlu melakukan riset mandiri mengenai settingan Vray pada setiap material yang kita dipakai.


Demikian tutorial cara setting rumput realistic di Vray Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silakan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Dilarang meng-copy sebagian atau seluruh konten tanpa seizin penulis